Sumber : data pribadi dari Ama Nasda
Curitiba merupakan kota yang
mempunyai unsur kota yang nyaman. Penekanan desain kota terhadap lingkungan
sehingga memperlihatkan perencanaan kota yang inovatif. Mulai terhindarnya
kemacetan yang sering terjadi di perkotaan sampai taman terbuka yang cukup
ditengah-tengah kota.
Sumber : data pribadi dari Ama Nasda
Awalnya kota Curitiba merupakan
kota yang mempunyai populasi dan polusi yang buruk sehingga menjadi kota
termacet dan kumuh di Negara Brazil. Karena hal itu kota Curitiba menjadi kota
langganan banjir.
Sumber : data pribadi dari Ama Nasda
Walikota Curitiba merupakan Seorang
Arsitek dari Universitas Federal Parana dan menjadi sosok yang mengubah kota Curitiba menjadi kota yang
berhasil menghindari kerugian sosial, ekonomi dan lingkungan akibat pertumbuhan
ekonomi, sekaligus berhasil meningkatkan efisiensi, produktifitas dan kualitas
hidup penduduknya.
Curitiba memakai pola pembangunan
“radial segaris-bercabang” (radial linear-branching pattern) yakni kombinasi
pengaturan zona lahan dan infrastruktur transportasi public. Perubahan yang
terjadi secara radikal sejak J. Lerner menjadi walikota adalah sistem
transportasi. Pemerintah membangun jalan-jalan penghubung dari tempat tinggal
penduduk langsung menuju pusat kota. Pada sistem transportasi menggunakan trinary
road sistem, Model jalanan yang menggunakan dua jalur jalan besar yang
berlawanan arah, ada dua jalur sekunder di tengah yang dimanfaatkan sebagai
jalur ekslusif untuk busway.
Dengan mengubah jalan raya
menjadi jalur busway, terdapat 12 terminal penumpang di Curitiba, yang tersebar
di seluruh penjuru mata angin sehingga memungkinkan penumpang dapat
meninggalkan dan berganti bus tanpa harus membeli tiket baru.
Curitiba berhasil mengatasi
masalah pertumbuhan penduduk dari 361.000 (pada 1960) ke 1,828 juta (pada tahun
2008), tanpa masalah yang berarti terkait emisi, polusi dan berkurangnya ruang
publik. Dengan tujuan untuk menurunkan minat warga menggunakan mobil, ada cara
yang dilakukan pemerintah mereka yakni :
- Mengurangi fasilitas Parkir kendaraan Bermotor
- Menempatkan 200 radar lalu lintas yg berbasis sensor di penjuru jalanan utama.
- Ini berfungsi untuk mendeteksi mobil yang melaju di atas speed limit
- Instrumen akan merekam nomor mobil, waktu, dan tempat kejadian yang selanjtnya dikirim ke tempat tinggal sang pengemudi dan diharuskan membayar denda
- Tingkat pelayanan Bus tersebut lebih tinggi dari pada kendaraan pribadi.
Adapun strategis dalam
menanggulangi air hujan yang berlimpah yakni menampung air hujan menajdi sebuah
danau ditengah-tengah kota. Karena hal itu bukan hanya masyarakat yang berminat
ke danau tetapi burung – burung berdatangan sehingga danau buatan tersebut
terlihat alami.
sumber : http://www.flickr.com/photos/whltravel/4369764805/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar